PP. MIFTAHUL ULUM SUREN, Seluruh Santri Dipulangkan, Alumni Kompak Ronda Di Pesantren Secara Bergantian.

Suren, 25 April 2020. Dampak dari mewabahnya Virus Corona (COVID-19) sepertinya tidak hanya berpengaruh pada aspek kesehatan saja, langkah Sosial Distancing yang diambil untuk memutus mata rantai penyebaran Virus tersebut mulai berdampak pada aspek ekonomi dan juga keamanan.

Pondok Pesantren Miftahul Ulum Suren, Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember, sebagaimana diketahui beberapa pekan yang lalu, tepatnya pada hari Kamis 09 April 2020, telah memulangkan lebih awal seluruh santrinya baik putra maupun putri dari semua wilayah yang ada. Setelah dengan sangat terpaksa menunda Haflatul Imtihan dan Milad Pondok Pesantren yang sejatinya akan dilaksanakan pada tanggal 18 April 2020, jajaran Dewan Pengasuh kembali mengambil keputusan yang berat, yaitu untuk memulangkan seluruh santri lebih awal. Keputusan tersebut mengacu pada himbauan pemerintah setempat meliburkan aktivitas belajar mengajar di semua jenjang pendidikan.

Keputusan memulangkan seluruh santri tersebut membuat suasana pondok menjadi sepi seakan tanpa penghuni, sebab yang tersisa hanya beberapa Santri dan Khadam Kyai, karena semua santri sudah dipulangkan, termasuk santri yang notabene menjabat sebagai pengurus keamanan di pondok juga dipulangkan, sehingga menyebabkan tingkat keamanan di lingkungan Pesantren berkurang.

Mengingat keadaan tersebut, KH. Khazin Mudzhar sebagai Pengasuh ditemani KH. Mihtahul Arifin Hasan  menawarkan kepada para Alumni, bilamana ada yang berkenan meluangkan waktu untuk mengadakan ronda di Pesantren secara bergantian. Tawaran tersebut disambut hangat oleh para Alumni yang dengan spontan membuat daftar siapa saja yang bersedia untuk ronda di Pesantren, pada akhirnya terbentuklah jadwal ronda yang disusun langsung oleh Pak Subairi selaku Ketua Ikatan Alumni Miftahul Ulum Suren (IKTAMIFUL).

Kegitan ronda tersebut dilakukan setiap malam, dimulai sejak pukul 21-00 sampai dengan pukul 05-00 pagi. Setiap malamnya para alumni yang bersedia ikut dalam kegiatan ronda tidak kurang dari 6 orang, dalam pelaksanaannya, mereka akan membentuk kelompok yang kemudian akan ditempatkan di setiap pintu masuk Pesantren. Sampai hari ini kegiatan ronda tersebut sudah berjalan 7 malam.

Dengan adanya kegiatan ronda tersebut, diharapkan bisa meningkatkan status keamanan di lingkungan Pesantren yang sedang sepi karena pulangnya seluruh santri akibat pandemi Virus Corona (COVID-19) yang tengah melanda hampir di seluruh wilayah di Indonesia. hal itu dilakukan semata-mata sebagai bentuk ikhtiyar demi kemaslahatan bersama khususnya lingkungan Pondok Pesantren Miftahul Ulum suren

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *